FiqiDev FiqiDev Author
Title: Bunga Sepatu yang Kian Terlupakan Ternyata Dapat Berperan Besar Dalam Kesehatan
Author: FiqiDev
Rating 5 of 5 Des:
Bunga sepatu merah DarulNgelmu - Bunga sepatu merupakan bunga yang biasa ditemui di pinggiran rumah. Bunga sepatu berwarna merah, kuni...
Manfaat besar bunga sepatu untuk kesehatan
Bunga sepatu merah

DarulNgelmu - Bunga sepatu merupakan bunga yang biasa ditemui di pinggiran rumah. Bunga sepatu berwarna merah, kuning maupun pink dan bentuknya besar, entah kenapa disebut bunga sepatu padahal gak mirip sepatu :-D. Bunga sepatu dalam bahasa ilmiah bernama Hibiscus rosa-sinensis atau juga disebut hibiscus. Warnanya yang cerah, seperti merah, pink, atau kuning, tak hanya memperindah taman di tempat kamu tinggal saja namun bunga ini juga  mengandung rasa asam yang pas untuk dijadikan teh.

Menurut Boldsky, Rabu (18/11), teh bunga sepatu termasuk rendah kalori dan bebas kafein. Secara tradisional, teh ini digunakan untuk menyemuhkan banyak penyakit. Asam yang dikandung adalah asam organik seperti asam malat (malic acid), asam tartarat (tartaric acid) dan asam sitrat (citric acid). Semua asam organik ini biasanya ditemukan di buah anggur dan wine. Asam organik ini bermanfaat banyak bagi kesehatan.

Manfaat bunga sepatu bagi kesehatan
Bunga sepatu merah

Manfaat Bunga Sepatu Dalam Kesehatan

Berikut ini merupakan rincian tentang manfaat dari bunga sepatu, yang mjuga memiliki kandungan  asam organik.

1. Menurunkan kadar kolesterol
Antioksidan dari teh bunga sepatu memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini memabntu melindungi kesehatan jantung dan mencegah kerusakan pembuluh darah. Menurut sebuah penelitian baru, mengonsumsi teh bunga sepatu beberapa kali sehari mampu mengelola kadar gula darah secara efektif.

2. Melindungi liver
Ya, antioksidan dalam teh bunga sepatu juga membantu penyembuhan penyakit liver. Antioksidannya akan menetralisir radikal bebas dan mengeleola keseluruhan kesehatan banyak organ, termasuk liver.

3. Mencegah kanker
Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi secara teratur teh bunga sepatu perlahan akan menghambat tumbuhnya sel kanker.

4. Mengelola tekanan darah
Anti-inflamasi yang terkandung dalam teh bunga sepatu dapat merendahkan tekanan darah. Jadi, teh bunga sepatu dianjurkan untuk mereka yang mengalami hipertensi dengan risiko tinggi mengalami penyakit kardiovaskular.

5. Antidepresan
Teh bunga sepatu mengandung vitamin dan mineral, sekaligus kaya metabolit tanaman seperti flavonoid, yang memilikin sifat antidepresan. Mengonsumsi rutin teh bunga sepatu akan membantu menenangkan sistem saraf, bahkan mengurangi kecemasan yang terkait depresi.

6. Meredakan nyeri haid
Teh bunga sepatu mampu meredakan kram akibat menstruasi. Selain itu juga bisa memulihkan keseimbangan hormon, mengatasi nafsu makan berlebihan, dan perbaikan suasana hati.

7. Obat masalah pencernaan
Teh bunga sepatu dapat mengatasi sembelit, mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau pada rektum, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
(sumber: brilio.net)


Baca juga:
Rahasia dan Manfaat Menakjubkan Buah Semangka Bagi Tubuh
Kiat Sehat Mudah, Cuma Dengan Minum Air Putih di pagi Hari
Ternyata Punya Banyak Teman Berbahaya bagi Kesehatan

Diet Sehat Mudah, Cuma Dengan Kulit Pisang

Iklan

Posting Komentar

 
Top