FiqiDev FiqiDev Author
Title: Terbaru! 11 Spesies fauna baru ditemukan di Pulau Enggano
Author: FiqiDev
Rating 5 of 5 Des:
DarulNgelmu - Indonesia memang benar-benar negara yang sangat kaya dengan kekayaan alam melimpah dan memiliki ribuan jenis flora dan fauna....
DarulNgelmu - Indonesia memang benar-benar negara yang sangat kaya dengan kekayaan alam melimpah dan memiliki ribuan jenis flora dan fauna. Dan yang menghebohkan, baru-baru ini ditemukan kandidat spesies flora dan fauna baru di Pulau Enggano. Pulau ini terletak di Samudera Hindia, sekitar 100 km berada di sebelah barat Pulau Sumatera, dengan luas sekitar 402,6 kilometer persegi dengan garis pantai panjang 106,7 km dan titik tertingginya (Bukit Koho Buwabuwa) hanya sekitar 281 mdpl.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) lintas satuan kerja, seperti dari Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, dan Pusat Penelitian Biomaterial.

Amir Hamidy yang merupakan pemimpin dari penelitian tersebut juga berhasil mendata berbagai kekayaan fauna maupun flora yang selama ini jarang terjamah. Dari jenis fauna terdapat 35 jenis burung, 13 jenis mamalia kecil, 3 jenis mamalia besar, 13 jenis reptil, 2 jenis amfibi, 52 jenis ikan, serangga (ngengat 100 jenis, 4 kupu-kupu, capung 15 jenis, lalat buah 3 jenis), 24 jenis moluska, dan 25 jenis krustasea.

11 Spesies fauna baru di Pulau Enggano


Berikut ini merupakan kandidat spesies-spesies fauna baru tersebut:

1. Cynopterus brachyotis - mamalia



2. Hipposideros cervinus - mamalia



3. Stiphodon sp - ikan



4. Hypseleotris sp - ikan



5. Redigobius sp - ikan



6. Stenogobius sp - ikan



7. Schismatogobius sp - ikan



8. Ambassis sp - ikan



9.  Mugilogobius sp - ikan



10. Macrobrachium bariense - udang



11. M. Placidulum - udang


Itulah spesies fauna baru yang ditemukan di Pulau Enggano. Sungguh luar biasa indonesia ini kaya akan ragam flora fauna, dan sudah menjadi tugas kita untuk selalu menjaga lingkungan. Semoga bermanfaat. :-D
(sumber: brilio.net)


Baca juga:
Inilah Dara Parama, Satpol PP Cantik yang Menghebohkan
Ridho Rhoma Cerita Tentang Cinta, Saat Berduet dengan Wanita Cantik Satu Ini
Film 'THOR:RAGNAROK' Akan Akhiri Sekuel dari Film THOR
Ini Cara Isyana Sarasvati Tetap Cantik Tanpa Make Up

Iklan

Posting Komentar

 
Top