FiqiDev FiqiDev Author
Title: Masyarakat Sekarang Dinilai Sudah Tidak Punya Rasa Malu Bercerai
Author: FiqiDev
Rating 5 of 5 Des:
Sidang perceraian DarulNgelmu - Menurut pengamat sosial keagamaan dari UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menilai terdapat sejuml...
Masyarakat Sekarang Dinilai Sudah Tidak Punya Rasa Malu Bercerai
Sidang perceraian


DarulNgelmu - Menurut pengamat sosial keagamaan dari UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menilai terdapat sejumlah faktor yang turut mendorong tingginya angka perceraian Muslim di Indonesia. Azyumardi mengaku ada hubungan sikap keagamaan dengan sikap kebudayaan dalam memicu perceraian. "Perceraian dianggap bukan sesuatu yang memalukan dan perlu dihindari lagi," kata Azyumardi, Senin (21/12).

Dikutip dari republika.co.id, Azyumardi faktor perkawinan usia muda dan praktik perjodohan (//force married//) lebih rentan memunculkan perceraian. Menurutnya, perkawinan model tersebut cenderung tidak stabil baik secara emosional dan dukungan ekonomi.  Selain itu, ada pula faktor urbanisasi dan peningkatan kembali angka poligami pasca era Orde Baru yang turut menyebabkan gangguan dalam bahtera keluarga.


Azyumardi mengatakan, gejala perceraian sejatinya menurun pada periode 1974-2000. Ia menilai, itu terjadi karena faktor pemerintah Orde Baru yang mengatur ketat praktik poligami di kalangan PNS. Angka perceraian terus meningkat di era reformasi. Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung bahkan merilis tren peningkatan perceraian sejak 2010-2014.

Hal itu, menurut Azyumardi, merupakan kondisi khas di kalangan Muslim Asia Tenggara. Ia mengatakan, tingkat perceraian Muslim Asia Tenggara pernah menduduki posisi tertinggi di dunia yakni 15,1 perceraian dari seribu perkawinan. Angka tersebut, berarti empat kali lebih tinggi dari tingkat perceraian di Amerika Serikat.
(Sumber: republika.co.id)



Baca juga:
Lihat-lihat Yuk.. Pembuatan Lightsaber, Senjata Pamungkas ala Star Wars
10 Ide Souvenir Pernikahan Yang Hemat Namun Sangat Unik dan Berkesan
Ini Dia Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Bermodal Kapak, Pria ini Tak Sadar Kalo Korbannya Adalah Polisi

Iklan

Posting Komentar

 
Top